JEJAK KARYA

Minggu, 20 Januari 2008

Burned Alive, benarkah kisah nyata?


Aku suka mengumpulkan buku-buku yang berbau ketidak adilan gender. Dan tak heran jika buku ini juga kukoleksi.

Hmm...tentang buku ini.
Buku ini berkisah tentang kisah seorang perempuan cantik bernama Souad di Palestina. Ia jatuh cinta dan terjebak dalam kenyataan dia hamil di luar nikah. Sang lelaki tak bertanggung jawab dan...terjadilah pembakaran terhadap dirinya..hidup-hidup.

Aku baru tahu dari novel ini bahwa ada budaya di timur tengah sana yang membakar anak perempuannya sendiri. Benarkah nyata? masih tanda tanya bagiku. Tak baik menerima suguhan novel secara bulat-bulat, meskipun mengaku dari sebuah kisah nyata.
Aku masih mencari kebenaran budaya ini...

Tapi yah...aku jadi heran juga, sebuah steorotip jadi muncul di kepalaku. Wilayah ini tempat berasalnya 3 agama besar, tapi juga tempat tertumpahnya darah hingga kini. Juga tempat dimana kaum perempuan sangat...sangat tak dapat menentukan hidupnya sendiri (menurutku).

Membaca novel ini memang bikin miris. Kok bisa ada budaya yang sekeji itu.
Namun menjelang akhir buku ini aku sedikit kecewa.

Novel ini kurang mengupas di wilayah konflik batin Souad untuk hidup. Perjuangannya dalam mengadaptasi budaya yang sangat berbeda. Perjuangannya menjadi mampu baca dan tulis serta berbahasa perancis, dan....terutama kisah perjalanan cintanya hingga berumah tangga pasca pembakaran dirinya.

Kok terkesan mudah sekali?.
Aku jadi merasa ada penggambaran yang sangat kontras antara eropa dan timur tengah.
Seolah mengejek dan berkata..lihatlah di eropa, laki-laki tak melihat perawan atau tidak, bahkan cacat atau tidak.
Tak seperti timur tengah, yang harus membakar para perawan yang tak perawan.

tak heran aku jadi curiga..ada sesuatu di balik buku ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Aku lagi nyusun skripsi tentang Burned Alive, kalau ada waktu main ya ke blog aku baca , kalau bisa seh bantuin :)

http://harapandiri.wordpress.com/2008/06/03/

Anonim mengatakan...

Setuju dengan pemaparannya , secara aku lagi angkat novel ini jadi bahan skripsi ku , kalau sempat berkunjung ya aku tunggu tanggapan dan masukannya
http://harapandiri.wordpress.com/2008/06/03/